Hasil positif tes Yamaha di Catalunya

Tim pabrikan Yamaha mendapatkan hasil buruk saat GP Catalunya, Minggu 11 Juni 2017. Dalam balapan yang dimenangi rider Ducati-Andrea Dovizioso tersebut, kedua pembalap Yamaha hanya mampu finis di posisi kedelapan dan kesepuluh.

Sehari berikutnya, kedua rider Movistar Yamaha MotoGP – Maverick Viñales dan Valentino Rossi melakukan uji chassis di Circuit de Barcelona, usai balapan GP Catalunya. Tes tersebut bermaksud untuk melanjutkan pengembangan frame baru pada YZR-M1 2017. Hasil tes tersebut menempatkan Viñales di posisi kedua, sementara Rossi di posisi kesepuluh.

Rossi test Catalunya Jun 2017

Valentino Rossi saat tes di catalunya, Senin 12 Juni 2017     foto: yamaha-racing.com

Dalam tes tersebut Viñales melakukan 81 putaran dengan catatan waktu terbaik 1 menit 44, 437 detik, lebih lambat 0.366 detik dari Marc Marquez di posisi pertama. Sementara Valentino Rossi melakukan 71 putaran dengan catatan waktu terbaik 1 menit 45,635 detik atau selisih 1,564 detik dari Marquez.

baca – Klasemen Lengkap MotoGP 2017, setelah seri Catalunya

baca – Menang beruntun, Dovizioso Juara GP Catalunya 2017

Yamaha mengklaim tes Catalunya memberikan kemajuan berarti, sehingga tim pabrikan Yamaha itu memutuskan untuk menambah 1 hari lagi untuk melakukan private test di Sirkuit Barcelona.

“Kami mencoba banyak hal hari ini, banyak pengaturan baru dan beberapa pengaturan berbeda pada motor, dan saya merasa nyaman sepanjang hari. Saya sudah mengendarai YZR-M1 dengan baik dan percaya diri,” kata Maverick Viñales seperti diberitakan yamaha-racing.com

Rider Spanyol itu menilai secara keseluruhan tes di Catalunya meraih hasil yang bagus, sehingga ia merasa cukup senang.

Valentino Rossi pun memberi penilaian serupa dengan Viñales. The Doctor menyatakan bahwa tes Catalunya banyak memberikan hasil positif bagi Tim Yamaha.

“Itu adalah hari yang bagus untuk menguji karena kami memiliki banyak komponen menarik untuk dicoba. Bagi Yamaha, saya pikir ini adalah hari yang positif karena kami telah banyak belajar tentang motor, di mana kami dapat berkembang,” kata Valentino Rossi.

Menurut pembalap Italia itu hasil tes memberikan hasil yang lebih baik, meski belum menyelesaikan semua masalah yang dihadapi.

baca – Rossi : Saya sangat menyesal !

baca – Viñales : Kami cukup percaya diri

“Besok kami memiliki hari lain, dengan beberapa item yang dites lebih lanjut. Jadi kami akan mencoba melanjutkan pekerjaan ini,” pungkasnya.

Sementara Direktur Tim Movistar Yamaha MotoGP – Massimo Meregalli menilai tes frame baru di Catalunya berdampak bagus pada rider dan tim Yamaha.

“Setelah GP Catalunya yang menantang, adalah baik berkesempatan melakukan tes hari ini. Kami puas dengan sejumlah pekerjaan yang telah dilakukan. Tujuan utama tes ini untuk mengevaluasi dua frame baru yang kami bawa ke sini untuk diuji,” kata Meregalli.

Menurutnya, Viñales mencoba beberapa setting-an dan frame yang berbeda dibanding saat balapan Minggu, 11 Juni 2017. Frame baru tersebut membuatnya nyaman dengan hasil kecepatan yang bagus, bahkan saat tes dengan ban bekas. Sedangkan Rossi yang fokus menuji frame baru, memberinya kepercayaan diri, dan hasil yang positif.

Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s