Podium GP Jerez, kemenangan ke 53 Pedrosa

Pembalap Honda Repsol – Dani Pedrosa, mengaku sangat senang usai memenangi GP Jerez pada Minggu, 7 Mei 2017. Kemenangan itu menjadi sangat berarti bagi Pedrosa, mengingat rider Spanyol itu sudah jarang memenangi race di beberapa musim belakangan ini. Terakhir ia berhasil finis pertama di GP Misano San Marino, pada Minggu 11 September tahun lalu.

Pedrosa Menang di Jerez 2017

Rider 31 tahun itu baru memenangi 5 seri sejak musim 2014 hingga race keempat musim 2017 ini. Tak heran bila pria kelahiran Sabadell itu sangat senang usai finis pertama di GP Spanyol.

“Saya sangat senang (dengan kemenangan ini). Akhir pekan luar biasa di depan orang-orang yang luar biasa. Saya sangat menyukai trek ini dan saya juga sangat menikmati balapan ini,” kata Pedrosa usai balapan di Jerez.

baca – MotoGP Le Mans 2017, siapa juaranya?

baca – Klasemen MotoGP Jerez, perbedaan poin semakin tipis

Kemenangan GP Spanyol itu menjadi kemenangan ke 53 bagi Pedrosa di sepanjang karirnya. Pembalap yang  bertarung bersama tim pabrikan Honda itu, pertama kali meraih kemenangan saat membalap di GP Assen Belanda musim 2002, saat itu berlomba di kelas 125cc. Di tahun yang sama ia berhasil meraih kemenangan sebanyak 3 seri, kemudian menang 5 seri di musim berikutnya.

Tahun 2004 Pedrosa naik ke kelas 250cc. Selama dua musim di kelas itu ia mengoleksi 15 podium pertama, dengan rincian 7 kali menang di tahun 2004 dan 8 kali menang di tahun 2005. Musim berikutnya, tepatnya pada tahun 2006 ia promosi ke kelas utama MotoGP.

baca – Pedrosa Juara GP Jerez, Yamaha tanpa podium

baca – Lorenzo : Jangan ragukan kemampuan dan mentalitas balapku

Di tahun pertamanya membalap di kelas MotoGP, Pedrosa meraih kemenangan di dua seri. Kemenangan dua seri per musim ini berlanjut hingga pada akhir musim 2009. Tahun 2010 koleksi kemenangannya meningkat menjadi 4 podium per musim.

Rekor kemenangan tertinggi terjadi pada tahun 2012, dimana Pedrosa memenangi balapan sebanyak 7 kali. Namun musim berikutnya rekor kemenangan terus menurun, hingga akhirnya ia mengakumulasikan kemenangan ke 30 pada GP Jerez tahun ini.

baca – Yamaha Kuasai 3 Kategori MotoGP 2017

Hingga saat ini, Pedrosa telah mengoleksi 8 kemenangan di kelas 125cc, 15 kemenangan di kelas 250cc, dan 30 kemenangan di kelas utama MotoGP, sehingga total podium juaranya sebanyak 53 kali.

Demikian, semoga bermanfaat.