Jack Miller didenda 1.000 Euro usai insiden dengan Bautista

Jack Miller Insiden GP Jerez 2017

Jack Miller tampak bersitegang dengan Alvaro Bautista, usai insiden di GP Jerez, 7 Mei 2017  foto: motogp.com

FIM MotoGP Stewards Panel menjatuhkan sanksi denda sebesar 1.000 euro atau setara dengan 14 juta rupiah kepada Pembalap Marc VDS Racing – Jack Miller, akibat mendorong Alvaro Bautista – rider Pull&Bear Aspar Team dalam sebuah insiden saat bertarung di MotoGP Jerez – Spanyol, Minggu 7 Mei 2017.

Miller yang cukup percaya diri dan mengawali balapan dari posisi ke-10, akhirnya tak melanjutkan lomba setelah bertabrakan dengan Bautista di tikungan 1 laps keenam. Rider Australia itu pun menunjukkan kekesalannya dengan mendorong tubuh Bautista dan menendang motor pembalap Aspar tersebut, sehingga dikenai denda oleh FIM MotoGP Stewards Panel.

baca – Klasemen MotoGP Jerez, perbedaan poin semakin tipis

baca – Pedrosa Juara GP Jerez, Yamaha tanpa podium

Pada Pasal 3.3.2.2 Regulasi FIM Kejuaraan Dunia Grand Prix menyatakan bahwa : “Tindakan korup atau curang, atau tindakan apapun yang merugikan kepentingan olah raga, dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang terjadi selama sebuah event.” Dengan pasal tersebut FIM MotoGP Stewards Panel menilai, bahwa Miller telah melakukan pelanggaran karena merugikan kepentingan olahraga dan dianggap sebagai pelanggaran yang cukup serius, selanjutnya diberikan denda 1.000 euro menurut Pasal 3.2.1 dari Kode Disipliner dan Arbitrasi FIM Kejuaraan Dunia Grand Prix.

Menanggapi insiden yang melibatkan dirinya dengan Bautista, ia mengatakan bahwa aksinya yang mendorong Bautista itu hanyalah bentuk dari rasa frustrasi karena terjatuh saat balapan.

“Bukan hari yang hebat sama sekali. Percaya diri sepanjang akhir pekan dan melakukan start bagus, tetapi berakhir buruk,” keluh Miller seperti dilansir Motorsport.com

Ia juga mengaku kehilangan banyak waktu dalam dua atau tiga lap pertama, karena pembalap lain menerjang dari enam kilometer belakang dan mereka bahkan tidak sampai ke tikungan.

“Masalahnya, di sini ada run-off (area). Mereka bisa menikung dan kembali lagi, lalu melakukan dua lap berikutnya. Itu menyulitkan dalam tiga lap pertama dan dekatnya jarak yang saya punya dengan (Andrea) Dovizioso,” ungkap Miller.

baca – Podium Jerez dalam angka

baca – Jadwal MotoGP 2017

“Lalu itu terjadi lagi dengan (Danilo) Petrucci. Dia melakukan hal sama tapi mampu menyalip. Lalu saya dan dia, serta Bautista mencoba melakukan hal sama di tikungan 1. Tapi dia (Bautista) membuat saya keluar dari trek,” ujar Miller kesal.

“Maksud saya, tidak ada cara untuk menghentikan motor di tikungan 1. Dia melaju cepat, saya sudah setengah jalan di tikungan, dia kehilangan (kendali) bagian depan (motornya) dan menyeret saya keluar begitu saja,” tambahnya.

“Saya lalu mendorongnya. (memang) Itu bukan hal tepat dilakukan. Itu hanya bentuk rasa frustrasi,” pungkas Miller.

Demikian, semoga bermanfaat.

One thought on “Jack Miller didenda 1.000 Euro usai insiden dengan Bautista

  1. Pingback: Lorenzo : Jangan ragukan kemampuan dan mentalitas balapku | SEKO71

Comments are closed.