Rossi : Motor kami tidak memiliki ‘pernikahan’ yang baik dengan ban

Pembalap pabrikan Yamaha – Valentino Rossi harus kecewa dengan performanya di GP Jerez, Minggu, 7 Mei 2017, dimana pemimpin klasemen sementara 2017 itu hanya mampu finis kesepuluh 38,682 detik lebih lambat dari Pedrosa di race Spanyol. Rossi pun ‘pasrah’ ketika ia dibalap Danilo Peturcci, Jonas Folger dan Aleix Espargaro.

Rossi ketinggalan Jerez 2017

 

Ilustrasi : balapan di GP Jerez, Minggu 7 Mei 2017  foto: motogp.com

Sekali pun masih memimpin dengan tambahan 6 poin di GP Jerez, kini posisinya semakin terancam karena para pesaing terus memperkecil gap perolehan poin di klasemen sementara.

baca – Klasemen MotoGP Jerez, perbedaan poin semakin tipis

baca – Rossi pimpin klasemen sementara MotoGP 2017

Dalam tes pasca-balap di Sirkuit Jerez Spanyol, pembalap 38 tahun itu berharap menemukan sesuatu yang baru untuk kembali tampil kompetitif di race berikutnya. Dalam tes di Jerez Yamaha mencoba memperbaiki performa motornya, khususnya saat memasuki tikungan.

“Dalam tes ini kami mencoba beberapa hal yang berbeda dan saya pikir kami memahami sesuatu yang penting untuk memperbaiki di tikungan untuk balapan di masa depan,” kata Rossi di sela tes di Jerez, Senin 8 Mei 2017.

Ia pun menilai bahwa tidak ada kolaborasi yang baik antara motornya dengan ban Michelin yang digunakan saat balapan di Spanyol.

baca – Podium Jerez dalam angka

baca – Rossi : Saya Siap Balapan di Qatar

“Bagi saya, secara umum, akhir pekan ini memang sulit karena motor kami tidak memiliki ‘pernikahan’ yang baik dengan ban. Ini adalah masalah terbesar. Juga hari ini, kami menemukan sesuatu, namun pada akhirnya perasaan itu tetap serupa. Kami berharap agar di Le Mans motor (kami) lebih bersahabat dengan ban,” kata Rossi seperti diberitakan crash.net.

Rider Italia itu juga sedikit bingung mengapa M1 berjuang dalam kondisi cengkeraman rendah, padahal saat menggunakan cengkeraman yang sama, begitu cemerlang di Andalusia tahun yang lalu.

“Sepanjang akhir pekan ini, kami tidak superior. Sebelum balapan kami mencoba melakukan sesuatu yang berbeda, karena kami banyak sekali memutari sirkuit. Tetapi sayangnya itu tidak berhasil. Jika saya membalap dengan setting normal, saya pikir akan bisa melakukan balapan yang lebih baik. Tetapi saat kami coba, kami justru tampil lebih buruk,” kata Rossi.

Saat ditanya solusi apakah untuk bisa menemukan setting yang baik, atau apakah dibutuhkan komponen baru untuk M1, The Doctor menjawab bahwa untuk solusi jangka pendek bisa dicoba dengan merubah set-up, namun ke depan membutuhkan perubahan.

“Tetapi kita butuh sesuatu, juga barang yang berbeda. Saya tidak tahu apa tetapi sepertinya ada sesuatu di dalam (motornya),” pungkas rider bernomor 46 itu.

Demikian, semoga bermanfaat.

One thought on “Rossi : Motor kami tidak memiliki ‘pernikahan’ yang baik dengan ban

  1. Pingback: Lorenzo : Jangan ragukan kemampuan dan mentalitas balapku | SEKO71

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s