Komentar Riders Usai GP Qatar

Maverick Viñales sukses mengawali debutnya bersama tim pabrikan Yamaha. Pemilik nomor 25 di MotoGP itu menjadi yang tercepat di seri pembuka Losail Qatar, Senin 27 Maret 2017. Pembalap Spanyol itu mengalahkan beberapa rider unggulan seperti Dovizioso, Rossi dan Marquez.

Dengan kemenangan ini, membuat pembalap Spanyol itu memimpin klasemen sementara dengan 25 poin, disusul Dovizioso dengan 20 poin, Rossi dengan 16 poin dan Marquez dengan raihan 13 angka.

Para Rider PascaQatar 2017

Ilustrasi : Rider MotoGP     foto : berbagai sumber

Dominasi Viñales memang sudah nampak saat pra-musim. Rider 22 tahun ini selalu unggul di tes resmi MotoGP di beberapa sirkuit, termasuk saat Free Parctice di Qatar. Tak heran bila ia meraih “pole position” di Losail Qatar.

baca – Melesat, Viñales Juara MotoGP Qatar

baca – 2 Minggu Lagi, Ini Jadwal MotoGP 2017

Raihan positif ini berbeda dengan beberapa rider Spanyol lainnya yang bertarung di kelas utama MotoGP, Marc Marquez misalnya. Juara Dunia musim 2016 ini nampak tercecer saat adu gesit dengan Viñales, Dovizioso, dan Rossi hingga ia harus puas finis di posisi keempat di Qatar.

Usut punya usut, Marquez mengaku salah dalam pemilihan ban sehingga tak mampu menandingi beberapa pembalap di depannya.

“Suhu turun dan kelembapan naik lebih tinggi. Saya yang tadinya memakai ban depan hard dan mulai ragu. Orang Michelin bilang bahwa saya adalah satu-satunya pembalap yang memakai ban hard, hati-hati kamu bisa jatuh. Lalu, saya pindah ke ban medium dan ternyata salah,” kata Marquez seperti dilansir Motorsport.

Menurutnya bila ia bertahan menggunakan ban hard, akan berpeluang mendapatkan podium, atau setidaknya bisa lebih kompetitif bertarung dengan Yamaha.

“Mungkin saya bisa lebih kompetitif saat pakai ban keras, tapi risikonya bisa juga mengalami kecelakaan. Ke depan kami harus memperbaiki motor, dengan demikian akan mudah memutuskan untuk memilih ban. Jika tidak mengambil keputusan yang tepat maka akan kehilangan banyak waktu, dan ini kesalahan terbesar,” pungkas Marquez.

baca – Woww.. Bendera Indonesia di MotoGP

baca – Ini dia, Klasemen Lengkap MotoGP Qatar

Sementara pembalap Spanyol lainnya, Jorge Lorenzo menilai bahwa MotoGP seri Qatar adalah balapan yang sangat rumit. Setelah mengawali start dari posisi kedua belas, yang merupakan akumulasi dari hasil FP1-FP3. Lorenzo terlempar dari 10 besar.

“Ini adalah balapan yang sangat rumit. Saya mengawali lomba dengan baik, tetapi pada lap pertama saya melebar sehingga kehilangan banyak posisi,” ujar Lorenzo seperti diberitakan motogp.com.

“Lalu aku merasa lebih baik dan bangkit lagi dengan kecepatan yang sama, tapi sayangnya di bagian akhir dari perlombaan saya mulai kehilangan kepercayaan diri pada ban dan harus memperlambat kecepatan,” kata Lorenzo

Ia mengaku tidak mungkin bisa menyelesaikan lomba di posisi sepuluh besar. Atas hasil balapan ini ia ingin mengambil hal positif, meskipun balapan pertamanya bersama Ducati tidak meraih hasil seperti yang diharapkan.

baca – Marquez : Trek Qatar licin berpasir

Ada pun rider Ducati lainnya Andrea Dovozioso merasa yakin akan performa motornya dan berusaha sekuat tenaga untuk memenangi GP Qatar. Tampak Dovi berduel dengan Maverick Viñales dari lap kesebelas hingga akhir lomba. Sayang, pemilik nomor 04 itu harus mengakui keunggulan Viñales di MotoGP Qatar.

“Saya melakukan segala upaya untuk menang di Qatar dan memimpin di banyak lap, tetapi itu semua tidak cukup menghadang Viñales hingga lap terakhir,” ujar Dovizioso.

Pemilihan ban yang tepat membuat Desmosedici – Ducati unggul di trek lurus, namun sering kali tertinggal saat keluar dari tikungan.

baca – Rossi : Saya Siap Balapan di Qatar

Sedangkan Valentino Rossi berkelakar usai meraih podium ketiga GP Qatar.

“Jika harus bertaruh untuk podium, saya sendiri tentu tak akan bertaruh !” kelakar Rossi mengomentari raihan podium ketiganya.

Sebelumnya The Doctor mengawali lomba dari posisi kesepuluh dan sukses mengalahkan Marc Marquez yang finis di peringkat keempat. Bahkan rider 38 tahun itu sempat beberapa kali berusaha mengalahkan Dovisioso di posisi kedua, namun tak mendapatkan momen yang tepat.

Demikian, semoga bermanfaat.

One thought on “Komentar Riders Usai GP Qatar

  1. Pingback: Ini dia, Klasemen Lengkap MotoGP Qatar | SEKO71

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s