Berkendara jadi lebih Aman dengan Helm dan Jacket berwarna Terang

Dari berbagai penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya, sebagian besar diantaranya disebabkan oleh human error atau kesalahan manusia. Dengan kata lain, perilaku tidak aman (not safety riding) dari si pengendara itu sendiri hingga akhirnya memicu terjadinya kecelakaan.

Walau telah melengkapi kendaraan sesuai dengan aturan persyaratan, namun masih ada faktor lain yang terkadang bisa menyebabkan kondisi tidak aman bagi pengendara. Faktor tersebut adalah alat kelengkapan-keselamatan berkendara. Ya, safety gear sangat diperlukan, apalagi ketika kita berkendara di jalur lalu-lintas yang padat arus kendaraannya. Di sini dibutuhkan alat keselamatan yang baik, seperti : helm, jacket, sarung tangan, sepatu, visor (kaca penutup helm), dan sebagainya.

Berbicara mengenai jacket dan helm, jangan sekadar ada. Artinya perlu diperhatikan model dan kualitasnya, sehingga memberikan fungsi yang maksimal bagi pengendara.

Helm dan Jacket 2

Helm dan Jaket warna terang membantu pengendara lain melihat keberadaan anda, khususnya saat hujan atau malam hari. Hal ini untuk meminimalisir bahaya saat berkendara di jalan raya. foto : berbagai sumber

Pertama, Helm gunakanlah helm yang layak, kalau ikut aturan minimal ber-SNI. Usahakan pelindung kepala anda dilengkapi dengan visor, sehingga melindungi wajah dari terpaan debu, polutan lalu-lintas, dan air saat hujan. Kaca helm di sini sebaiknya menggunakan photocromatic visor. Kaca pelindung ini akan berubah menjadi gelap saat matahari terik, namun terang pada saat gelap atau malam hari.

baca – Bagaimana Spion Motor Anda?

Warna helm juga memberikan andil kejelasan bagi pandangan pengendara lain terhadap posisi anda. Bisa dibayangkan saat malam hari atau saat hujan, pandangan pengendara lain terhalang oleh dua hal tersebut. Dengan menggunakan helm berwarna terang seperti: kuning, putih, oranye, hijau muda akan membantu pengendara lain melihat lebih jelas keberadaan anda, sehingga terhindar dari bahaya di jalan.

Berikutnya adalah jacket. Piranti ini juga memberikan pengaruh pandangan pengendara lain terhadap anda. Pilihlah jacket yang berwarna terang, atau setidaknya kombinasi warna terang dan gelap. Lebih disarankan lagi ada warna spotlight. Warna ini mampu memancarkan sinar saat tersorot lampu dari kendaraan lain. Dengan demikian sekali lagi, keberadaan anda mudah dilihat oleh pengendara lain karena pantulan jacket.

baca – Lampu Belakang Motor Warna Merah

SEKO71 tidak menganjurkan anda membeli helm atau jacket baru, bila anda telah memiliki helm dan jacket yang layak namun berwarna gelap. Cukup tambahkan material spotlight di bagian depan dan belakang. Keselamatan berkendara adalah yang utama di perjalanan.

Demikian, semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Berkendara jadi lebih Aman dengan Helm dan Jacket berwarna Terang

  1. Pingback: Sayangi Kaki & Sepatu Anda | SEKO71

  2. Pingback: Touring Perdana Komunitas AVRC | SEKO71

  3. Pingback: Motor Model Baru di IIMS 2017 | SEKO71

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s